Archive for the Jalan-jalan Category

Serunya Liburan di pantai Balekambang – Malang

Posted in Jalan-jalan, My Big Family, My Favourite, the world... on September 16, 2014 by Andri

Ada banyak pantai di kabupaten Malang (Jawa Timur) yang sangat indah menawan, seperti pantai Sendang Biru, pantai Segara Anakan, pantai Balekambang, pantai Ngliyep, pantai Gua China dan masih ada beberapa lagi. Sebagai orang asli Malang sudah banyak pantai yang saya datangi, kecuali pantai Balekambang, hehehe.. Entah kenapa, selama 25 tahun tinggal di Malang, belum ada keinginan sama sekali untuk mendatangi pantai ini. Padahal sudah banyak informasi dari teman-teman yang pernah ke pantai Balekambang mengatakan bahwa pantai ini indah sekali, keren, seperti Tanah Lot di Bali dan pujian-pujian lainnya.Hehehe..

Sampai akhirnya saya menikah dan pindah ke Ibukota – Jakarta, putri saya sekarang sudah berusia 3,5 tahun. Entah kenapa tiba-tiba tahun ini saya ingin sekali ke pantai (mungkin karena selama 5 tahun di Jakarta tidak ada pantai yang bagus untuk dinikmati,hehehe..). Sehingga di Lebaran tahun 2014 ini saya mudik ke Malang dan mengajak keluarga besar saya untuk pergi ke pantai.

Kami masih bingung menetukan mau ke pantai mana, karena memang banyak pilihan pantai di Malang. Ada yang mengusulkan ke pantai Sendang Biru saja sekalian memancing di laut, ada yang mengusulkan ke pantai Gua China tapi mengingat akses jalannya masih jelek dan kami membawa anak kecil akhirnya pantai Gua China dicoret dari daftar pantai tujuan. Setelah menimbang dari akses jalan sampai tempat yang ramah anak kami memutuskanuntuk pergi ke pantai Balekambang. Pantai yang selama saya tinggal di Malang tidak pernah tertarik untuk mendatangi.hehehe

Lokasi pantai Balekambang tidak terlalu jauh dari kota Malang, sekitar 2 jam kami sudah sampai di lokasi. Biaya masuknya juga murah, cukup Rp.10.000 per orang, dan ada biaya parkir juga (tapi lupa harganya karena suami yang bayar). Tempat parkirnya luas sekali, jadi pengunjung bisa bebas memilih tempat parkir. Selain itu pengunjung juga bebas memilih tempat menggelar tikar untuk tempat piknik. Kami memilih tempat dibawah pohon yang lumayan rindang.

100_4271Sarapan dulu sambil menikmati pemandangan laut.

Kami memang sengaja berangkat pagi agar bisa menikmati suasana pantai lebih lama. Dan pastinya kalau masih pagi pantai belum terlalu ramai. Pertama kali melihat pantainya aku langsung terpesona…wooooww…cantik sekaliii…. pantainya bersih, pasirnya putih, tampak lautan biru membentang dan deretan ombak besar yang bergulung-gulung berwarna putih.

cantiknya pantai BalekambangPantainya bersih…keren banget…

Putriku Nafeeza langsung lari penuh semangat menuju pantai, ombak besar dan air jernih yang melimpah seperti ini memang sangat jarang di lihat oleh putriku. Setelah selesai sarapan kami semua langsung berlari menuju pantai.hehehe…

bermain di BalekambangNafeeza semangat sekali main air dengan Eyang kakung

bermain di Balekambangpemandangannya bagus banget…

Ombaknya besar juga di sini, karena memang termasuk pantai selatan sih. Kami harus ekstra hati-hati mengawasi Nafeeza main di bibir pantai. Bahkan temanku juga pernah bilang kalau di pantai ini juga bisa dipakai untuk surfing. Suami dan ayah saya malah seru-seruan menunggu dihantam ombak,hahahaha… kalau saya cukup menikmati dari jauh saja karena agak trauma, waktu kecil pernah terbawa ombak saat bermain pasir. Masih teringat paniknya saat tidak bisa berenang dan terus terseret ke tengah laut.

serunya di BalekambangSaudara, Ayah dan suamiku sedang menunggu terjangan ombak.hehehe

Tapi lama-lama penasaran juga ingin merasakan bermain dengan ombak. Akhirnya saya beranikan diri menunggu terjangan ombak, tetapi saya minta dipegangi ayah.hehehe, saudara-saudara saya malah menertawakan ekspresi saya yang ketakutan saat diterjang ombak.

Ombak di BalekambangTakut…tapi seru..hehehe..

Sampai akhirnya saya malah ketagihan untuk terus bermain dengan terjangan ombak ,hehehe. Dan Nafeeza juga ikut-ikutan semangat saat dirinya diterjang ombak. Wah… benar-benar menyenangkan bermain di pantai Balekambang.

ditemani suami di BalekambangSelalu berpegangan pada suami saat menunggu terjangan ombak

Pasir putih yang bersih membuat pemandangan di sini semakin cantik. Banyak cangkang kerang yang berserakan, kamipun bersama-sama mengumpulkan untuk oleh-oleh.hehehe. Nafeeza juga serius sekali saat berusaha membuat istana pasir.

100_4417Serius main pasir

Terlalu asik bermain membuat kami lupa waktu, tidak terasa sudah jam 1 siang, kamipun segera mengakhiri kegiatan kami di pantai. Prasarana yang ada disini juga cukup lengkap, ada mushola, tempat makan, banyak kamar mandi dan tempat ganti, tempat penjualan souvenir, bahkan ada penginapan juga.

100_4439Penginapan yang ada di kawasan pantai Balekambang

Yang menarik di pantai ini adalah adanya Pura Amertha Jati di atas pulau kecil di dekat pantai, menurut informasi sih nama pulau kecil tersebut adapah pulau Ismoyo. Dan ada sebuah jembatan yang menghubungkannya melalui pantai utama Balekambang.

Liburan ke pantai Balekambang ini benar-benar menjadi liburan yang tidak akan terlupakan. Murah meriah dan terpuaskan dengan pemandangan pantainya yang indah. Kami semua benar-benar menikmati hari itu dan tidak merasakan capek sama sekali. Bahkan kami sudah merencanakan untuk datang lagi ke pantai ini tahun depan.

Satu-satunya yang membuat saya kecewa adalah kenapa saya baru bisa datang tahun ini, selama 30 tahun tidak pernah terpikirkan untuk datang ke pantai ini sama sekali. Bahkan ajakan dari teman-teman saya dulu tidak membuat saya tertarik untuk ikut. Saya merasa sedikit terlambat untuk mengetahun keindahan pantai Balekambang ini. Bahkan kalau saya cerita ke teman-teman tentang liburan kami ke Balekambang, mereka hanya tertawa dan bilang “Dari dulu kemana aja?, Udah sering diajakin tapi ngga mau, telat banget sih baru tahu sekarang”. hehehe

Oiya, ada satu lagi yang menarik tentang pantai Balekambang ini. Tentang mitos yang beredar di warga sekitar pantai. Katanya, bahwa siapapun yang datang ke pantai Balekambang ini dengan kekasihnya pasti akan putus dan hubungannya tidak akan bertahan lama, tapi mitos ini tidak berlaku untuk pasangan suami istri. Bahkan katanya sudah banyak pasangan kekasih yang membuktikan.hehehehe…. ada-ada saja..

100_4429Keseruan kami di pantai

100_4434Waktunya pulang…